Uji
Kompetensi Guru disingkat UKG adalah sebuah kegiatan ujian untuk mengukur
kompetensi dasar tentang bidang studi dan pedagogik dalam domain content guru.
Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi
(bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi
akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi
pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses
pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.
Guru adalah pendidik profesional dengan
tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan
mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru
harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat
(D-IV), menguasai kompetensi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian),
memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki
kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Guru mempunyai
kedudukan sebagai tenaga profesional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang
Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan
yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang
memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau
norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Sebagai tenaga profesional,
guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni.
Kondisi dan situasi yang ada menjadi sebab
masing-masing guru memiliki perbedaan dalam penguasaan kompetensi yang
disyaratkan. Untuk mengetahui kondisi penguasaan kompetensi seorang guru harus
dilakukan pemetaan kompetensi guru melalui uji kompetensi guru. Uji kompetensi
guru (UKG) dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi
pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut
akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan
pengembangan profesi guru. Output UKG difokuskan pada identifikasi kelemahan
guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.
UKG wajib diikuti
semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS. Pelaksanaan UKG
melibatkan berbagai instansi antara lain BPSDMPK-PMP, LPMP, dan Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota. Agar seluruh instansi yang terlibat dalam
pelaksanaan UKG memiliki pemahaman yang sama tentang mekanisme pelaksanaan UKG,
maka perlu disusun informasi yang lengkap tentang mekanisme pelaksanaan UKG
tahun 2012
Dasar
hukum yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan UKG adalah sebagai berikut.
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen.
- Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Peraturan Pemerintah Nomor 74
Tahun 2008 tentang Guru
- Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru.
- Peraturan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
- Peraturan Bersama Menteri
Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010,
Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru
dan Angka Kreditnya;
- Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kredit.
- Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 36 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian
Pendidikan Nasional.
Tujuan
- Pemetaan penguasaan kompetensi
guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan
pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk
kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
- Sebagai entry point penilaian
kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.
Program pengembangan keprofesian berkelanjutan dan penilaian kinerja guru
wajib dilakukan setiap tahunnya sebagai persyaratan untuk kenaikan pangkat
dan jabatan fungsional guru.
Peserta
- Guru yang belum memiliki
sertifikat pendidik
- Guru PNS dan bukan PNS (GTY)
yang mengajar di sekolah swasta atau guru honorer di sekolah negeri yang
diangkat oleh Bupati/Wali kota
- Memiliki NUPTK
- Mengajar mata pelajaran sesuai
dengan kualifikasi akademik dan sesuai dengan bidang studi yang akan
disertifikasi
Tempat
Ujian
Uji Kompetensi Guru akan dilaksanakan di TUK
yang telah ditetapkan dinas pendidikan kabupaten/kota sesuai dengan persyaratan
yang telah diverifikasi oleh LPMP. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
menetapkan tempat UKG:
1.
Lokasi TUKG mudah
dijangkau
2.
Memenuhi semua
persyaratan yang ditetapkan.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Uji_kompetensi_guru#Latar_Belakang
Berikut contoh soal Uji
Kompetensi Guru yang disusun berdasarkan 10 kompetensi pedagogik guru dalam
permendiknas nomor 16 tahun 2007
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam
perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
3. Kemampuan berfikir untuk
mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait
dengan obyek-obyek bersifat
konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng,
globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media
adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai
tahapan
A.
Anak memahami bilangan dan angka tetapi
masih terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang
tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN
SOSIAL- EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan
dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C.
Emosional
D. moral
6.
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi
dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik
tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A.
sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
7.
Peserta didik telah memiliki yang memiliki
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal
ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a.
penalaran pascakonvensional
b. penalaran konvensional
c. penalaran prakonvensional
d. penalaran interkonvensional
8.
Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a. Prakonvensional
b. Konvensional
c.
Pascakonvensional
d. Interkonvensional
SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
9.
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler,
melakukan rekreasi dengan guru, dan
melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam
hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C.
penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B.
gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
11. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling
adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya
C.
Membantu siswa agar dapat
mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
12. Cara
yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi
kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A.
sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
SOAL TEORI BELAJAR
13. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A.
Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori
belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D.
Konstruktivisme
15. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.
Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A.
Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D. Sibernatik
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
18. Tujuan
pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai
oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B.
RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen
rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A.
Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi
dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran,
sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
D. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah
pembelajaran
20. Silabus
dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah
sebagai berikut:
A.
Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan
belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan
standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan
silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap
satan pendidikan.
21. Salah
satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.
Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada
setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan
beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai
berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan
pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan
dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar Berdasarkan komoponen-komponen RPP
tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta
didik
D.
Keterkaitan dan keterpaduan
23. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi,
evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi
Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom
mengembangkan
ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
D.
ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C.
Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor
yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan
diskusi
B.
Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti
pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
27. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
28. Apa
yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan
jawaban
atas pertanyaan yang diajukan ?
A.
Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik
berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah
dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip
sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan
urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat
asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C.
Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber
belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi
dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling
berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
30. Ciri-ciri
kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D.
Menggunakan satu sumber
31. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A.
Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal
siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa
mengikuti pola....
A. Kausal
B.
Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
33. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok
kecil, kelompok besar atau massal. Pernyataan
tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D.
konteks penggunaan
34. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran
dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan
dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih
media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial
budaya siswa dan sekolah
B.
Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan
kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi
pembelajaran
35. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A.
media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya
liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang
dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus
diperhatikan adalah...
A.
Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu
teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan
dan karakteristik media
37. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik adalah
media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua
kegiatan pembelajaran
C.
media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak
pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B.
Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat
di dalam lingkungan belajar.
39. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja. Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar,
misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak,
misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C.
blog
D. e-portofolio
41. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C.
program untuk menjelajahi laman
D. program penciptaan laman
42. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu
laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A.
www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai
dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk
memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C. Microsoft Desktop Publishing
D.
Microsoft Word
44. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C.
Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
SOAL MODEL- MODEL PEMBELAJARAN
45. pertanyaan,
mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B.
saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak
Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding
question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan
berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran
yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.
projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu
Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang
dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D.
problem based learning
48. Berikut
ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project
based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
(Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan
yang benar adalah ....
A.
1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri
atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika
langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem
Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
SOAL PENILAIAN
50. Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake
siswa
C.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi
dasar, dan intake siswa
Untuk mendapatkan file dokumen, silahkan download di sini !
Download Juga :
1. Contoh Soal UKG Kompetensi Keperibadian
2. Contoh Soal UKG Model - Model Pembelajaran Inovatif
3. Contoh Soal UKG undang- Undang
Download Juga :
1. Contoh Soal UKG Kompetensi Keperibadian
2. Contoh Soal UKG Model - Model Pembelajaran Inovatif
3. Contoh Soal UKG undang- Undang
No comments:
Post a Comment