Sunday 9 December 2018

membuat windows usb installer menggunakan rufus


Hallo Sobat Dasi Guru, kali ini Dasi Guru akan share bagaimana caranya membuat windows usb installer bahasa kerennya bootable disk. Nah, untuk sobat yang tidak mempunyai CD/DVD di laptopnya, pembahasan kali ini sangat berguna sekali. Mungkin sobat sudah tau apa itu rufus ? meskipun sobat sudah tau kali ini Dasi Guru akan membahas sedikit apa itu rufus, fungsinya untuk apa ?. rufus adalah perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat bootable, tetapi di sini kita membuat bootable menggunakan flash disk, tidak seperti biasanya menggunakan kepingan DVD. Dengan menerapkan flash disk sebagai bootable tentunya kita di permudah dalam proses instalasi komputer sobat, apalagi yang bekerja di bagian teknisi komputer. Rufus dapat membuat bootable untuk sistem operasi windows , LINUX. Untuk sistem operasi seperti MAC OS Dasi Guru belum mencobanya. Mungkin sobat bisa coba sendiri. Nah mungkin itu saja penjelasan dari dasi guru, mari kita lanjut ke proses pembuatan usb bootable menggunakan rufus, Sebelum melakukan proses memasukkan windows ke dalam usb ada beberapa tools,perangkat yang harus di ada antara lain :
a.       Master windows 7/8/10 (32/64bit) dengan format ‘.iso’ bebas
b.       Aplikasi rufus (disini Dasi Guru pakai rufus 2.14) kalau tidak punya silahkan download disini !
c.       Flash disk dengan ukuran 4gb atau lebih
d.       Dan yang terakhir adalah harus ada laptop yang harus di install,

Baik sobat, kalau tools di atas sudah terpenuhi kita langsung saja membuat windows usb installer, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.       Masukkan flash disk dengan ukuran 4gb atau lebih
2.       Buka aplikasi rufus disini Dasi Guru pakai rufus versi 2.14  ---

Tampilan aplikasi rufus seperti gambar di bawah !


3.       Pada device à akan muncul informasi nama flash disk yang sobat masukkan
4.       Pada partition scheme and target system type kita memilih mau pilih MBR atau GPT tergantung type bios sobat. Disini Dasi Guru memakai type bios MBR. Kemudian kita masukkan windows.iso seperti gambar di bawah ini !


5.       Klik tombol star lalu tunggu prosesnya sampai selesai



6.       Kalau sudah selesai tekan tombol close

Sekian tips dari Dasi Guru mohon kritik dan saran terimakasih !


No comments:

Post a Comment

contoh surat perjanjian kerjasama dinas kesehatan dengan sekolah

KOP SEKOLAH No : __________________________ PERJANJIAN KERJASAMA DINAS KESEHATAN UPT BLUD PUSKESMAS AIK DAREQ DENGAN SEKOL...